Sosialisasi Pembinaan Wawasan Kebangsaan di Kapanewon Sradakan

Pada Senin (21/03) diadakan sosialisasi pembinaan wawasan kebangsaan di aula Kapanewon Sradakan. Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Kabupaten Bantul,Joko Purnomo, Kepala Kesbangpol Kabupaten Bantul, Panewu Srandakan, Koramil, Polsek, ASN serta dukuh-dukuh di Kapanewon Srandakan . Tujuan kegiatan ini adalah untuk penguatan nilai kebangsaan serta meningkatkan kesadaran dalam berbangsa dan bernegara dengan berlandaskan nilai Pancasila, Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal lka, dan NKRI. Dengan wawasan kebangsaan akan menggelorakan semangat cinta tanah air dan meningkatkan peran serta seluruh komponen masyarakat dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo berterimakasih dan mengapresiasi aparatur, TNI/Polri serta masyarakat yang telah bersinergi dalam menjaga dan mempertahankan NKRI, Pancasila dan UUD 1945. Masing-masing komponen menjalankan tugas sesuai tupoksi dan kebijakan pemerintah. Dengan sinergi yang baik akan mewujudkan kehidupan yang aman, tentram dan damai dalam wadah NKRI. 

Selanjutnya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul, Stephanus Heru Wismantara, S.IP, MM menjelaskan tentang 4 Pilar Kebangsaan antara lain, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Isi dari Empat Pilar Kebangsaan adalah Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang–undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keempat pilar tersebut, harus diterapkan secara bersama dalam kehidupan sehari-hari sebagai wawasan kebangsaan demi menyelamatkan Bangsa Indonesia dari ancaman perpecahan.