Bimbingan Teknis Pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) Kabupaten Bantul Tahun 2022

DPMK Kabupaten Bantul menyelenggarakan Bimbingan teknis Pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) Kabupaten Bantul Tahun 2022 di Pendopo Manggala Parasamya II PEMDA II Manding (07/03). Hadir dalam acara ini  perwakilan dari Kapanewon se-Kabupaten Bantul serta pengurus Posyantek (Pos pelayanan Teknologi Tepat Guna) yang ada di masing-masing Kapanewon. Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas DPMK Kabupaten Bantul.

Teknologi Tepat Guna (TTG) merupakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat secara mudah, serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan. TTG dapat meningkatkan mutu kehidupan dengan meningkatkan sumber daya manusia dan memanfaatkan sumber daya alam dengan sentuhan berbagai teknologi tepat guna. Hal ini selaras dengan salah satu misi Bupati Bantul yaitu pendayagunaan potensi lokal dengan penerapan teknologi dan penyerapan investasi berorientasi pada pertumbuhan ekonomi inklusif. Keragaman potensi lokal dan penguatan usaha kecil menengah (UKM) merupakan hal penting dalam agenda pembangunan ekonomi daerah agar semakin berdaya saing. 

Bimtek ini diharapkan dapat memotivasi peserta untuk berinovasi dalam menciptakan suatu teknologi yang nantinya dibutuhkan masyarakat dalam memudahkan pekerjaannya. Dengan adanya TTG dapat meningkatkan efisiensi dan nilai guna serta mengatasi berbagai masalah di masyarakat.