Rencana Strategis

Renstra Kecamatan Srandakan : 2011 - 2015 A. T U J U A N

  1. Meningkatkan pelayanan pada masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat.
  2. Memberdayakan kelembagaan Pemerintah Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa melalui pelayanan prima.
  3. Mewujudkan managemen pelayanan melalui kelembagaan pelayanan satu pintu di kecamatan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang baik.
  4. Mengadakan kelembagaan Desa secara mantab.
  5. Meningkatkan kualitas penyelenggara Musyawarah Pembangunan Desa.

B. S A S A R A N

  1. Meningkatkannya kualitas pelayanan kepada masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat.
  2. Meningkatnya kelembagaan Pemerintah Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa melalui pelayanan prima.
  3. Meningkatnya tanggungjawab aparatur kecamatan yang menangani pelayanan kepada masyarakat.
  4. Terciptanya kelembagaan Pemerintah Desa dan pemberdayaan masyarakat desa yang mantab.
  5. Semakin terakomodasinya usulan dan aspirasi masyarakat melalui musbangdes.
  6. Tersedianya dokumen dari hasil Musbangdes sebagai acuan kerja pemerintah desa.
  7. Tersusunnya siklus tahunan Desa.

C. S T R A T E G I

Dalam rangka mewujudkan clean governance dan good governance merupakan arah dan nilai yang harus menjadi standar keunggulan,sehingga pemerintah kecamatan harus mampu menjalankan tugas pokok dan fungsi secara bersungguh-sungguh,penuh tanggung jawab. Pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sebagaimana diamanatkan dalam surat kabupaten bupati, dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang ada perlu mendapat penanganan yang sinergis,akomodatif,terfokus dan meibatkan elemen stake holder yakni pemerintahan,masyarakat,perguruan tinggi dan kalangan swasta sehingga terwujudnya penyelenggaraan pemerintah yang baik. Untuk mencapai tujuan dan sarana sebagaimana tersebut diatas perlu adanya kebijakan camat selaku penanggung jawab pelaksanan tugas dan fungsi kecamatan antara lain:

  1. K e b i j a k a n
    1. Pembentukan kelembagaan pelayanan satu pintu beserta personil dan koordinator penenggungjawab dengan surat keputusan camat sehingga prosedur dan tatacara pelayanan dapat terfokus pada personil personil pelayanan kepada masyarakat dengan baik.
    2. Peningkatan kerjasama dengan instansi dan pemerintah Desa dalam rangka penyelenggaraan Musyawarah desa sehingg hasil peneylenggaraan Musbangdes dapat menampung berbagai aspirasi masyarakat dan dapat direalisasikan dengan anggaran pendapatan dan belanja Daerah yang tersedia.
  2. P r o g r a m
  3. Untuk mencapai tujuan dan sarana yang telah ditetapkan,pelu adanya program yang merupakan kumpulan dari kegiatan-kegiatan. Adapun program yang menjadi prioritas pada tahun 2011-2015 di kecamatan srandakan dalah sebagai berikut :
    1. Peningkatan kualitas Pendidikan,Pelatihan dan Ketrampilan aparatur kecamatan
    2. Pembinaan kelembagaan Pemerintah Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa
    3. Peningkatan Kerjasama, hubungan tata kerja dan koordinasi antara pemerintah Desa dengan pemerintah Kecamatan.
    4. Peningkatan Perencanaan pembangunan dengan pola botton up dan berkelanjutan.
    5. Peningkatan kualitas kelembagaan pemerintah Desa dan peningkatan pemberdayaan masyarakat Desa.
    6. Penataan tatacara dan prosedur ketatalaksanaan pelayanaan satu pintu.
    7. Pengadaan sarana dan prasarana Ruangan pelayanan Umum.

 

Puskesmas
di Kecamatan Srandakan

Puskesmas Srandakan

Puskesmas Srandakan

Jl. Raya Srandakan No.96, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 6464815

Komando Rayon Militer Srandakan

Koramil / Komando Rayon Militer Srandakan

Srandakan, Trimurti, Srandakan, Bantul

Kepolisian Sektor Srandakan

Polsek / Kepolisian Sektor Srandakan

Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7490104

Kantor Urusan Agama Srandakan

KUA / Kantor Urusan Agama Srandakan

Pondok, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7100860