Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Oleh PT Bank BPD DIY

Jumat Pahing, 8 Oktober 2021 11:36 WIB ∼ 92

Foto Berita

Bertempat di Aula Kapanewon Srandakan (06/10) diadakan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh PT Bank BPD DIY bekerja sama dengan Dekranasda Kabupaten Bantul dalam rangka pemulihan ekonomi daerah pasca pandemi. Sosialisasi ini diikuti oleh UMKM yang ada di Kapanewon Srandakan, 25 UMKM dari Kalurahan Trimurti dan 25 UMKM dari Kalurahan Poncosari. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sesuai aturan protokol kesehatan dan terbagi dalam 2 sesi. Kegiatan ini juga dihadiri Plt. Kepala Jawatan Kemakmuran, Suparwanto, SIP yang mengenalkan kepada UMKM yang hadir tentang Struktur Organisasi Kalurahan dan Kapanewon.

“Pengetahuan menyangkut permodalan sangat penting untuk pengembangan  UMKM . Melalui sosialisasi ini, diharapkan UMKM mengetahui bagaimana cara mengakses bantuan permodalan dari perbankan agar bisa berkembang”, jelas Panewu Kapanewon Srandakan, Bapak Sarjiman SIP,ME dalam sambutannya.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BPD DIY antara lain super mikro sampai dengan 10 juta tanpa agunan, mikro sampai dengan 50 juta dan ritel (kecil) sampai dengan 500 juta. Asuransi penjaminan kredit, premi menjadi beban bank. Dengan suku bunga 6% efektif per tahun.

Kriteria pengajuan KUR di BPD DIY adalah sebagai berikut; (1) Usaha berjalan min 6 bulan/<6 bulan/ tanpa pengalaman (super mikro), dengan ketentuan; pernah mengikuti pelatihan kewirausahaan, tergabung dalam kelompok usaha, pernah mengikuti pendampingan kewirausahaan (super mikro) dan memiliki anggota keluarga yang memiliki usaha sejenis (super mikro), dan (2) Dapat sedang memiliki kredit di bank lain yang bersifat non produktif/ konsumtif. Khusus KUR super mikro, belum pernah memperoleh KUR sebelumnya.

Sektor yang dapat dibiayai KUR antara lain pertanian,peternakan,industri pengolahan,konstruksi,perdagangan,transportasi, jasa pendidikan,pariwisata dan lain-lain.

 

 

 


Puskesmas
di Kapanewon Srandakan

Puskesmas Srandakan

Puskesmas Srandakan

Jl. Raya Srandakan No.96, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 6464815

Komando Rayon Militer Srandakan

Koramil / Komando Rayon Militer Srandakan

Srandakan, Trimurti, Srandakan, Bantul

Kepolisian Sektor Srandakan

Polsek / Kepolisian Sektor Srandakan

Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7490104

Kantor Urusan Agama Srandakan

KUA / Kantor Urusan Agama Srandakan

Pondok, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7100860