Launching Pelayanan Kesehatan Tradisional Puskesmas Srandakan

Selasa Legi, 7 September 2021 11:22 WIB ∼ 56

Foto Berita

Selain melaksanakan vaksinasi dosis pertama bagi warga Poncosari, hari ini (7/9) Puskesmas Srandakan melakukan langkah yang brilian dengan meresmikan program Pelayanan Kesehatan Tradisional. Program tersebut pada dasarnya bertujuan untuk memajukan dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Srandakan melalui metode herbal yang teruji melalui berbagai riset yang dilakukan oleh ahli.

Dalam peresmian ini, dilakukan prosesi pemotongan tali pita sebagai tanda dan momentum awal dilaksanakannya Program Pelayanan Kesehatan Tradisional. Prosesi tersebut mengambil tempat di taman apotik hidup Puskesmas Srandakan yang mana  di dalamnya memuat banyak sekali jenis tanaman herbal. Selain itu, pada tempat tersebut juga telah tersedia jamu yang diracik dari kombinasi tanaman-tanaman herbal yang tersedia disana. Tidak hanya sekadar membuat apotik hidup di Puskesmas, saat ini sudah ada dusun yang ditunjuk sebagai mitra binaan program. Dalam sambutannya, kepala Puskesmas Srandakan, Ibu drg. Budi Setyowati menuturkan "Saat ini sudah ada padukuhan yang menjadi mitra binaan kami. Kami akan membuat taman toga disana. Adapun dusun yang kami maksud adalah Puluhan Kidul, Trimurti. Untuk itu, kepada bapak Lurah Trimurti kami mohon kerjasamanya"

Dilain sisi, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Ibu Dra. Ninik Istitarini.,Apt,.MPh memberikan apresiasi pada langkah yang diambil oleh Puskesmas Srandakan. "Ini adalah hal yang sangat kami apresiasi.". Beliau melanjutkan, "Adanya program ini diharapkan dapat membantu menaikkan kualitas kesehatan masyarakat, utamanya warga Kapanewon Srandakan."

Dalam kesempatan sambutannya, Panewu Srandakan, Bapak Sarjiman., S.IP.,ME menyatakan "Kami berharap ini menjadi awal yang baik untuk peningkatan kesehatan warga. Melalui metode herbal yang sudah teruji, semoga kesehatan warga Srandakan meningkat." Pihaknya beserta jajaran Forkompimkap juga sangat mendukung program ini.

Lebih jauh, Program seperti ini dapat memicu sebuah Multiplier Effect positif bagi kesehatan dan perekonomian warga. Jamu-jamuan yang merupakan Local Wisdom yang sudah diuji secara akademik oleh ahli tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk meraup pundi-pundi pendapatan. Sebagai contoh, produk jamu yang ditampilkan dalam acara ini merupakan produk dari KWT Mangiran dan KWT Besole. Selain berdampak positif dari segi ekonomi, tentunya kegiatan ini juga akan berdampak baik bagi kesehatan masyarakat.

Program ini diakhiri dengan kegiatan bagi-bagi jamu kepada warga yang menerima vaksin pada hari ini.


Puskesmas
di Kapanewon Srandakan

Puskesmas Srandakan

Puskesmas Srandakan

Jl. Raya Srandakan No.96, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 6464815

Komando Rayon Militer Srandakan

Koramil / Komando Rayon Militer Srandakan

Srandakan, Trimurti, Srandakan, Bantul

Kepolisian Sektor Srandakan

Polsek / Kepolisian Sektor Srandakan

Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7490104

Kantor Urusan Agama Srandakan

KUA / Kantor Urusan Agama Srandakan

Pondok, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7100860