Si Manis Adrem , Jajanan Lawas Srandakan Yang Lezat

Rabu Pahing, 4 Agustus 2021 11:04 WIB ∼ 75

Foto Berita

Adrem  adalah salah satu makanan ringan tradisional khas Bantul. Bahan utama pembuatan kue adrem adalah tepung beras, kelapa parut, dan gula. Campuran tepung beras dan kelapa parut selanjutnya dicampur dengan gula, diuleni kemudian didiamkan 2-3 jam lalu dibentuk bulat dan dipipihkan di atas daun pisang, kemudian digoreng. Bentuk unik kue adrem diperoleh pada saat proses penggorengan, yaitu dengan cara dijepit dengan bilahan bambu. Makanan ini rasanya manis dan gurih, saat digigit terasa legit dan paling enak dimakan selagi hangat.

Kebanyakan orang mungkin tak mengenal jenis makanan tradisional adrem. Namun sejak media sosial mulai berkembang, masyarakat mulai penasaran dan mencari tahu tentang jenis jajanan lawas ini. Adrem merupakan makanan yang cukup merakyat sehingga mudah diterima oleh berbagai kalangan. Selain itu, pengolahan adrem tanpa menggunakan bahan pengawet menjadikannya aman dikonsumsi sehari-hari. Kini masyarakat kota juga mulai tertarik untuk mencicipi jajanan tradisional Bantul ini.

Salah satu pembuat adrem di daerah Poncosari, Srandakan adalah Bu Parilah. Beliau sudah belasan tahun membuat adrem, usaha turun temurun dari keluarganya. Saat ini setiap harinya memproduksi rata-rata 5 kg. Harga yang ditawarkan untuk satu kemasan Adrem cukup terjangkau, hanya Rp 5.000 berisi 6 buah adrem.Terbilang cukup murah untuk dijadikan oleh-oleh. Hasil produksinya dijual di Pasar Sorobayan dan dititipkan ke warung-warung. Bu Parilah juga menerima pesanan adrem untuk hajatan dan acara-acara lainnya seperti arisan.


Meski namanya sudah cukup terkenal, namun masih banyak yang belum mencicipi cemilan tradisional satu ini. Nah, gimana? Kamu tertarik untuk mencobanya? Jika berminat, kamu bisa datang ke Adrem Bu Parilah di di Jragan II RT 02, Poncosari, Srandakan, Bantul


Puskesmas
di Kapanewon Srandakan

Puskesmas Srandakan

Puskesmas Srandakan

Jl. Raya Srandakan No.96, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 6464815

Komando Rayon Militer Srandakan

Koramil / Komando Rayon Militer Srandakan

Srandakan, Trimurti, Srandakan, Bantul

Kepolisian Sektor Srandakan

Polsek / Kepolisian Sektor Srandakan

Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7490104

Kantor Urusan Agama Srandakan

KUA / Kantor Urusan Agama Srandakan

Pondok, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7100860