Tahu Murni Bu Hardi, Citra Rasa Khas Srandakan

Selasa Wage, 27 Juli 2021 13:22 WIB ∼ 112

Foto Berita

Kecenderungan masyarakat untuk hidup sehat menyadarkan orang untuk mengkonsumsikan makanan yang menyehatkan pula. Tahu adalah salah satu makanan dari kacang kedelai yang menjadi favorit bagi tua dan muda, yang menjadi sumber protein nabati yang bercita rasa gurih dan lezat. Tahu murni Bu Hardi adalah tahu murni dengan proses tenaga uap, khas Trimurti, Srandakan, Bantul. Alamat produksi di Kedung Bule RT 12, Trimurti, Srandakan, Bantul, pemiliknya adalah Bu Hardi dan Bapak Bayu Kuncara Adi yang merupakan putra dari Bu Hardi yang turut mengelola usaha tersebut. Penggunaan kata “Murni “ karena didalam pengolahannya tidak menggunakan zat kimia yg berbahaya dan bahannya benar-benar murni dari kacang kedelai.

Proses pembuatan tahu hampir sama dengan tempat lain, yang membedakannya adalah tahu murni Bu Hardi  menggunakan proses tenaga uap dalam memasak santan kedelai. Adapun prosesnya yaitu kedelai ditimbang/ditakar seberat 4 kg kemudian direndam selama kurang lebih 4 jam, kemudian ditiriskan airnya. selanjutnya kedelai dicuci beberapa kali. Setelah itu ditiriskan kembali dan siap untuk digiling. Proses selanjutnya adalah kedelai digiling, kemudian dimasukkan kedalam panci besar yang didalamya terdapat uap panas sampai mendidih, proses mendidih sekitar 7 menit yang lebih singkat daripada menggunakan tungku api biasa. Setelah mendidih air santan diambil kemudian disaring menggunakan kain untuk dipisahkan ampas dan sari kedelainya. Selanjutnya sari kedelai diberi air asam (kecutan) sehingga akan terjadi gumpalan-gumpalan calon tahu.  Setelah itu diatas air gumpalan diberi saringan agar air dan gumpalan terpisah, lalu  diberi selang dan airnya dimasukkan ke ember. Air dari pisahan ini disebut air kecutan (air asam) yang digunakan untuk proses pembuatan tahu selanjutnya. Setelah itu gumpalan diambil lalu dimasukkan kedalam kotak cetak dan diberikan tekanan (press) diatasnya. Tahu pun sudah jadi, tinggal memotong sesuai ukuran yang dikehendaki.

Tahu murni Bu Hardi membuat macam-macam olahan dari tahu, yaitu tahu pong, tahu sayur, tahu putih mentah, tahu plempung, tahu encong/kuning. Sampai sekarang di daerah Bantul sampai Jogja sudah tidak asing lagi apabila mendengar tahu murni Bu Hardi karena didalam pemasarannya disepanjang jalan Bantul, Jogja,Godean sudah banyak yang berjualan dipinggir-pinggir jalan. Mereka biasanya memasang spanduk bertuliskan " Tahu Pong Cabang Bu Hardi " atau " Tahu Pong Srandakan " istilah tahu pong dari kata kopong atau kosong karena tahu pong didalamnya kosong atau mengembang.


Puskesmas
di Kapanewon Srandakan

Puskesmas Srandakan

Puskesmas Srandakan

Jl. Raya Srandakan No.96, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 6464815

Komando Rayon Militer Srandakan

Koramil / Komando Rayon Militer Srandakan

Srandakan, Trimurti, Srandakan, Bantul

Kepolisian Sektor Srandakan

Polsek / Kepolisian Sektor Srandakan

Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7490104

Kantor Urusan Agama Srandakan

KUA / Kantor Urusan Agama Srandakan

Pondok, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7100860