Mie Lethek “Garuda”, Mie Organik Lezat Dan Bergizi Khas Srandakan

Rabu Kliwon, 28 Juli 2021 09:25 WIB ∼ 110

Foto Berita

Mie Lethek telah dikenal sebagai makanan khas dari Trimurti, Bantul, Yogyakarta. Tekstur yang kenyal menjadikan mie lethek memiliki konsumen tersendiri. Mie lethek terbuat dari campuran tepung tapioka dan tepung gaplek. Warna mie lethek yang kusam (lethek) adalah warna asli tapioka yang dijemur di bawah sinar matahari. Bahan baku 100 % dari ubi kayu menjadikan produk ini sebagai produk organik, sehingga para pecinta kesehatan menyukai mie tersebut. Mie lethek khas Trimurti, Bantul ini aman dikonsumsi setiap hari karena tanpa bahan pengawet dan pemutih. Mie lethek adalah asli makanan dari Bantul, yang mendirikan adalah Hj.Umar Bisernahdi asal Yaman yang merupakan kakek dari Yasir Feri Ismatrada, pemilik Mie lethek  tertua yaitu “Mie Garuda”. Mie Lethek Garuda berdiri sejak 1940 dalam skala industri rumah tangga, terletak di kawasan Bendo, RT 101, Kalurahan Trimurti, Srandakan, Bantul dan  sudah memproduksi mie lethek secara turun temurun. Di masa pembangunan, mie ini turut membantu mensejahterakan warga masyarakat disekitar pabrik dan kesertaannya dalam perjuangan dan sejarah bangsa tersebut diabadikan dalam kemasan bernama dan bergambar Garuda.

 Proses pembuatan mie lethek yaitu tepung akan digiling dengan silinder untuk mencampur tepung tapioka dengan tepung gaplek. Setelah itu kemudian adonan akan dikukus. Proses silinder kemudian diulangi kembali, dengan tetap mencampur adonan dengan tepung tapioka kering. Baru setelahnya dilakukan pengrepesan, pemasakan, kemudian baru didinginkan. Keesokannya mie akan diuraikan untuk dijemur, dan ketika sudah kering dilakukan pengemasan. Mie lethek dijual dengan harga Rp 90.000 per lima kilogram kemudian dipasarkan ke pengepul yang ada di DIY.

Konsumen Mie Lethek tidak hanya berasal dari Indonesia, bahkan dari mancanegara seperti mantan Presiden Amerika Serikat  yaitu Barack Obama sangat menggemarinya saat berkunjung ke Yogyakarta.

Cara memasak mie lethek:

  1. Rendam mie dengan air suhu normal (20-30 menit) sampai mie lemas
  2. Tiriskan mie minimal 15 menit (lebih lama lebih bagus)
  3. Mie siap dimasak sesuai selera

Puskesmas
di Kapanewon Srandakan

Puskesmas Srandakan

Puskesmas Srandakan

Jl. Raya Srandakan No.96, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 6464815

Komando Rayon Militer Srandakan

Koramil / Komando Rayon Militer Srandakan

Srandakan, Trimurti, Srandakan, Bantul

Kepolisian Sektor Srandakan

Polsek / Kepolisian Sektor Srandakan

Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7490104

Kantor Urusan Agama Srandakan

KUA / Kantor Urusan Agama Srandakan

Pondok, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7100860